Adegan filem jaman dulu

September 4, 2007 at 6:59 am 18 comments

Adegan-adegan yang biasanya ada dalam film-film Indonesia “jamdul” (jaman dulu) tahun 1970-an dan 1980-an:

1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya apa, selalu pamer apa yang dimasak pembantu rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur. Dan biasanya minumannya selalu jus jeruk.

2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah sudah berapa judul film Rano Karno yang temanya beginian.

3. Tokoh Ayah selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda, dengan 2 bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.

4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi selalu terlambat untuk menangangi masalah dalam film Indonesia, dengan kalimat yang kaku dan khas: “Ini memang buronan yang sedang kami cari, Pak!”

5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi musik-musik kaya’ ABBA, Beegees, Kool and The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit yang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare. Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanya ngomong : “Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami.”

7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut sambil ketawa-ketawa kecil “hahaha…hahaha…” trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat adegan ciuman, diganti (disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.

8. Mau di-per-kosa trus nggak jadi karena jagoannya datang. Entah dari mana, tiba-tiba berantem aja sama yang mau mem-per-kosa.

9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui di film-film horor Indonesia dan biasanya selalu menang.

10. Di setiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN, TAMAT, SELESAI, dan lain-lain dengan warna-warna yang cerah.

11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh-oleh kue tart yang norak-norak (zaman segitu belum ada black forest, atau tiramishu sih!)

12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.

13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.

14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin biar sepatu boot/kulit mengkilap-nya keliatan.

15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.

16. Terjadinya ML gak sengaja, gara-gara kehujanan atau pada saat hujan.

17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong dangdut, diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Biar tambah keren, biasanya sisirnya nongol sedikit.

18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON, BRAM, dll (BRAM..”Brambang Abang” kali ye wakakak)

19. Kalau naik motor nggak pake helm.

20. Cewenya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung lari ke kamar terus nangis tersedu-sedu di ranjang (biasanya film-film Oma Irama).

21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok. Pemeran utama megang2 rokok dengan gaya garing, biar merek nya bisa kesorot kamera.

22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya udah jadi tua, cuma tinggal ditambahin kumis doang. Tampang yg tetep aja muda.

23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben, bawa bakul, bajunya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan langsung tuh pejahat pengen mem-per-kosa.

24. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya orang Indonesia pake wig pirang, serdadunya senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat cewek lagi nyuci di kali, kejadian berikutnya sama dengan no 23 di atas.

25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi..

27. Anak SMA pake seragam, lengannya dilinting, nggak cewe ngga cowo. celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

28. Rambut cewek belahannya di samping.

29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan mendesah desah.

30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesen duluan, baru mati.

31. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret. (btw, gembret apaan sih? –red)

32. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.

33. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau bapaknya meninggal. Si anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin. Si anak kabur ke kota , jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya, trus jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak akhirnya ditabrak mobil.

34. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya jalannya di tempat sepi yang nggak ada orang/mobil lewat.

35. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan dengan kejar-kejaran. Dari kota tiba-tiba pindah berantem ke tengah sawah! Proses tengahnya gimana, gak tau dah.

36. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat. Kadang-kadang ada bencongnya juga.

37. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar darah…dilap tissue….dijamin abis itu pasti mati.

39. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek. Sering ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke temen cewek yang gendut atau ibu guru.

40. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso, duduk di bangku panjang kayak di warteg.

41. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke gunung, di bis nyanyi-nyanyi kayak anak TK.

42. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.

43. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil yang ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

44. Hantu-hantu di film horor:
– Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang yang lagi ronda.
– Kuntilanaknya sering jajan sate.

45. Omar Syarif pasti jadi petinggi VOC atau paling tidak Demang Belanda, kerjaannya cari kembang desa, trus selalu bilang “Over Domeh” ke antek-anteknya (Modol teu omeh – siganamah)

46. Anteknya/prajurit Demang Belanda kagak pernah banyak / kolosal, pasti cuma ber lima atawa ber enam, sementara Inlander-nya malah lebih banyak (Budget-nya nggak nyampe kali)

47. Kalo lagi makan di restoran pasti tamu-tamu yang lain pada jadi patung… ada yang duduk doang gak ngapa2in. Satu-satunya Jus yang dipesen gak disentuh-sentuh…. (kali ngirit biaya kalo harus shooting berulang-ulang)

48. Pasti keluar dari resto-nya berdua Cowok & Cewek…. Wagu Poolllll. Kagak pernah ada, cuma sendirian ato ama kucing.

49. “Pletak..pletok..pletak…pletok…” kagak cewek kagak cowok kalo jalan sama aja bunyinya.

50. Pong Haryatmo perannya selalu jadi penggoda wanita, juga kadang sering mem-perkosa…… pokoke mekso banget….

51. Terus keliling Jakartanya diseputaran Bundaran HI yang selalu nampak khas HOTELnya, biasanya naik mobil yang tahun lama banget (JADUL= jaman dulu) kalo nggak gitu ya Tugu Pancoran

52. Buset dah… dibaca ampe abis ???? Nganggur amat sih …

Entry filed under: 4Fun. Tags: .

a good job and happiness

18 Comments Add your own

  • 1. raffaell  |  September 4, 2007 at 1:33 pm

    Untung gw loncat… bacanya, ehehehe

  • 2. Iman Brotoseno  |  September 9, 2007 at 5:03 pm

    i missed Pong Harjatmo dan Susi Bole

  • 3. CempLuk  |  September 14, 2007 at 9:59 pm

    alhamdulillah dah baca sampe kelar..film indonesia mudah diterka kemana arah nya…met puasa mas..cempluk minta maaf lahir batin y mas..

  • 4. -tikabanget-  |  September 19, 2007 at 11:53 pm

    hihihihi..
    lha kalo adegan senetron jaman sekarang pegimane ituh..?

  • 5. asep  |  September 21, 2007 at 4:24 pm

    “Buset dah… dibaca ampe abis ???? Nganggur amat sih …” kata saya “Buset dah… dibahas ampe abis ???? Nganggur amat sih …”😀 dah lama engga bermain-main kesini😛

  • 6. Kang Kombor  |  October 1, 2007 at 7:10 am

    Adegan selanjutnya adalah Sampeyan kena 8 facts/habits tag.

  • 7. mashuri  |  October 4, 2007 at 3:20 pm

    kalo pake celana panjang model cutbrai yang lebar banget, kalo jalan kaya bawa bendera di kaki….he..he..

  • 8. sutrisno mahardika  |  October 6, 2007 at 8:50 am

    wakakakakakakakakaak!!!!!
    jungkir balik bacanya, kenapa film indonesia selalu menghabiskan waktu film dengan makan di meja makan? film luar negeri jarang banget

  • 9. iEn  |  October 11, 2007 at 2:34 am

    just wishing salam aidilfitri🙂

  • 10. aroengbinang  |  October 23, 2007 at 1:36 pm

    yang buat postingan sama yg baca sama2 kurang kerjaan ya😀

    posting yg kocak bung, salam lebaran, mohon maaf lahir batin ya..

  • 11. ario dipoyono  |  October 31, 2007 at 3:36 am

    Wah untung cuma baca yang depan aja…

  • 12. ummu raisah ok  |  November 10, 2007 at 5:05 am

    “Huahahahhahhhaaaaaa…..!!! ana baca sampe abis dooonk…telanjur basah….kata yessy gusman ” papa jahat !!!” dengan suara khas nya trus lari ke kamar…satu lagi niy..kalo bikin film orang kembar…duileeee…ga tega liatnya….
    btw..ente ~bung~ ???”

  • 13. finkz  |  November 10, 2007 at 12:28 pm

    hahahaha… ketebak banget ya😛

  • 14. poison ivy  |  November 29, 2007 at 9:57 am

    saya lagi nyari2 film Pemberontakan G30sPKI. Hahahah jadi inget pas ahmad yani mau di angkut…

    “Tapi, Pak, ini genting!”
    GENTING!!!

    Hahahahahaha…
    eniwey… pakabar? Its been awhile ya.🙂

  • 15. MaIDeN  |  December 12, 2007 at 3:18 pm

    test comment from my ID in wordpress: http://ironmaiden.wordpress.com

    “Blogger in Draft now lets you enable OpenID-based commenting.

    This means that users of OpenID-enabled services — such as LiveJournal and WordPress — can comment on your blog using their accounts from those sites, rather than with Blogger/Google accounts”

  • 16. ironmaiden  |  December 12, 2007 at 3:28 pm

    2nd test …

  • 17. MaIDeN  |  December 12, 2007 at 3:52 pm

    test comment with myopenid

  • 18. ironmaiden  |  December 13, 2007 at 12:29 pm

    test komen lagi

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Feeds

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: