Pawai Ogoh ogoh

March 22, 2007 at 11:27 am 9 comments

Sekian tahun hinggap di Provinsi Nusa Tenggara Barat baru hari minggu kemarin saya ikut meramaikan (menonton) pawai ogoh-ogoh. Pawai dimulai sekitar pukul 13 dari Pura Dalem Karang Jangkong menuju Pura Mayura. Tentu saja tempat yang strategis untuk menonton pawai ini adalah di depan Mall Mataram, karena Pura Dalem Karang Jangkong hanya berjarak 50 meter dari Mall, selain juga Mall adalah alternatif wisata lainnya yaitu wisata perut. Ada mekdi, ka ef ce, pizahat, swensen dan tempat favorit saya, Cafe Delicio yang benar-benar del.icio.us

Bagi kamu yang asing dengan istilah ogoh-ogoh (seperti saya sebelum googling :)), Ogoh-ogoh lahir di Bali sekitar awal 1980-an pada masa Ida Bagus Mantra menjabat sebagai Gubernur. Awalnya ogoh-ogoh dibuat sekaa teruna menjelang hari raya Nyepi di Denpasar dan Badung. Dibuat dari bambu, kayu, cat dan kertas dibuatlah wujut raksasa jahat (Buta kala) sebagai simbol dari Setan dan perbuatan jahat. Sehari sebelum tahun baru saka (disebut juga pengrupukan), ogoh -ogoh ini diarak ke kuburan lalu dibakar.

Hasil kreatifitas anak-anak muda Denpasar dan Badung dalam menciptakan wujut raksasa jelek dan meyeramkan tadi akhirnya mendapat respons positif dari masyarakat dan pemerintah Bali sehingga pada akhirnya di pawaikan, dijadikan agenda tahunan dan menjadi salah satu atraksi andalan dalam menarik kunjungan wisatawan dalam negeri dan manca negara ke Bali.

Sama seperti di Bali, di Mataram pawai ogoh-ogoh sudah menjadi agenda tahunan untuk menarik kedatangan turis baik lokal maupun mancanegara.

Entry filed under: myLiFe. Tags: .

Sort feeds by published date Tips Mencari Jodoh

9 Comments Add your own

  • 1. CempLuk  |  March 22, 2007 at 12:34 pm

    wah..serem juga yah ogoh ogoh tsb..oalah, mas ini dari ntb toh,,saya pny saudara disana daerah kekalik ampenan,,deket dgn rmh mas gak ?? saya paling bahagia ketika lihat pemandangan pantai senggigi, tidak ada dua nya..tok cer lah..jadi pgn kesana euy..tapi cempluk gak libur nih..

  • 2. putri  |  March 22, 2007 at 4:58 pm

    Mengarak satu itu doang atau banyak? Trus cuma buat dibakar? Maknanya apa ya?

  • 3. MaIDeN  |  March 22, 2007 at 10:01 pm

    @cempluk,
    Iya, Pantai Senggigi sangat Indah. pasirnya seperti merica, belek-belek (besar-besar ;)) Ada juga pantai Kuta. Disini lebih bagus lebih, masih perawan😀

    @putri,
    Bukan ngarak, tapi nonton😀 Ogoh-ogoh yang diarak ada banyak, sempat terlihat ada yang bernomor urut sampai 93an.
    Maknanya ? hmmm … Menurut teman disini katanya diarak karena setan ada dibanyak tempat, dibakar sebagai lambang pemusnahan nafsu angkara murka.

  • 4. Raffaell  |  March 23, 2007 at 1:17 am

    Mas maiden,
    Kalok aku ke bali, kasi tau tempat tempat bagus ya, trus event nya apa aja yang ramenya kapan aja,

    he he he he

  • 5. oon  |  March 23, 2007 at 1:27 am

    bagus² walaupun menyeramkan..cuman sayang ya harus dibakar sesudahnya…coba dipajang saja ya

  • 6. venus  |  March 23, 2007 at 3:55 am

    di NTB ada ogoh2 juga ya? kirain cuma ada di Bali…

  • 7. www.topbgt.com  |  March 23, 2007 at 6:09 am

    ogoh ogoh bedanya apa ya sama barong? Mirip bentuknya tapi kok beda nama

  • 8. MaIDeN  |  March 24, 2007 at 1:29 am

    @raffael,
    Halah, bukannya di Malaysia sudah dekat sama Thailand ? Patpong xixixixixi😀

    @oon,
    Dan pro kontra-nya juga koq soal ini.
    Saya baca di BaliPost

    @venus,
    Mataram itu kan dulunya bagian dari Bali😀

    @topbanget,
    Ogoh-ogoh itu patung raksasa, iya, face-nya mirip barong😀

  • 9. dani iswara  |  March 30, 2007 at 8:31 pm

    jd pengen plg ke bali..

    ‘para pengganggu’ ‘dikembalikan’, shg besok pas nyepi-nya dstnya dah gak mengganggu lg..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Feeds

Top Clicks

  • None

%d bloggers like this: